Sabtu, 20 November 2010

Wow, Nilai Facebook Kini Rp 369 Triliun

Wow, Nilai Facebook Kini Rp 369 Triliun
Selasa, 16 November 2010 | 08:41 WIB

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Bisnis Facebook Inc. memasuki babak baru. Kini, estimasi nilai perusahaan Facebook telah mewati eBay Inc. Facebook pun menjadi perusahaan internet terbesar ketiga sejagat berdasarkan nilainya.

Menurut seorang sumber Bloomberg, kini, harga saham Facebook di SecondMarket Inc.- bursa tempat transaksi saham-saham perusahaan yang masih tertutup- telah mencapai lebih dari 16 dollar per saham. Dengan harga segitu, total nilai Facebook telah mencapai 41 miliar dollar AS (sekitar Rp 369 triliun). Angka ini telah melewati nilai situs lelang online eBay di bursa Nasdaq yang hanya 39,3 miliar dollar AS.

Nilai Facebook itu hanya kalah dari Amazon.com Inc. dan Google Inc. yang ada di urutan pertama dan kedua. Kini, nilai Amazon mencapai 74,4 miliar dollar AS, sedangkan nilai Google 192,9 miliar dollar AS.

Menurut sumber yang tak bersedia disebut namanya itu, nilai Facebook itu telah meningkat lebih dari dua kali lipat dalam setahun terakhir. Ini tidak mengejutkan, sebab pengguna situs jejaring sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg itu melonjak pesat dalam setahun terakhir. Pada Maret 2009, jumlah penggunan Facebook sekitar 300 juta dan kini telah mencapai lebih dari setengah miliar.

Para analis memperkirakan, tahun ini, Facebook akan meraup pendapatan 1,4 miliar dollar AS, meningkat dari 800 juta dollar AS pada tahun lalu.

Namun, nilai dan kinerja keuangan Facebook sebenarnya akan tetap menjadi spekulasi. Sebab, sebagai sebuah perusahaan tertutup, Facebook tidak pernah mengungkapkan kinerja finansialnya.

Manajemen Facebook sendiri juga adem ayem. "Upaya pihak eksternal untuk meramal pendapatan atau nilai perusahaan kami adalah spekulatif. Kami fokus membangun bisnis agar sukses dalam jangka panjang," ujar Aaron Kessler, jurubicara Facebook.(Kontan/Cipta Wahyana)

Sumber : http://tekno.kompas.com/read/2010/11/16/08412219/Wow..Nilai.Facebook.Kini.Rp.369.Triliun

Comments :

0 komentar to “Wow, Nilai Facebook Kini Rp 369 Triliun”

Posting Komentar

Menu Utama

Blog Archive

 

Copyright © 2009 by SekilasWarta SainTechno

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger